HIDUP SEHAT DENGAN PANGAN ORGANIK RAMAH LINGKUNGAN

Pada dekade terakhir ini masyarakat/ konsumen semakin memperhatikan mutu dari produk pangan/pertanian. Faktor kesehatan dan keamanan pangan menjadi prioritas utama. Produk pangan/pertanian yang aman untuk dimakan dan aman bagi kesehatan antara lain yaitu pangan tidak mengandung residu bahan kimia, hormon ataupun bahan-bahan aditif sintetis. Salah satu produk pangan/pertanian yang bebas dari residu bahan kimia sintetis adalah pangan organik, yang sekarang ini sudah mulai banyak di produksi.

Pangan organik adalh pangan yang dihasilkan dari Sistem Pertanian Organik, baik dalam bentuk mentah, setengan jadi, maupun produk jadi.
Pertanian Organik didefinisikan sebgai usaha budidaya pertanian yang hanya menggunakan bahan-bahan alami, baik yang diberikan melalui tanah maupun yang langsung kepada tanaman budidaya. Lalu kenapa kita harus memilih pangan organik?
* Terhindar residu pestisida kimia
* Terhindar antibiotik berlebih
* Mencegah penyakit yang timbul sebagi ekses dari proses produksi (salmonella, Listeria, Campyla bacter, dsb) yang dapat menyebabkan keracunan
* Terhindari dari makanan yang diradiasi dalam proses pengawetan
* Peduli terhadap lingkungan alam

Selain itu bahan pangan yang kita mamakan seringa mengandung bahan yang berbahaya yang terbentuk secara sengaja Bahan Kimia berbahaya : Mitoksin, Skrombo (histamin) Ciguatoksin maupun ditambah dengan sengaja atau tidak bahan-bahan kimia pertanian : Pestisida, Fungisida, Pupuk, Inteksida, Antibiotik (pada ternak) dan hormon pertumbuhan (pada ternak) logam dan bahan berbahaya : Pb, Zn, As, Hg, Sianida bahan tambahan jumlah berbahaya ; Pengawet (nitrit & sulflit), perangsang citarasa (MSG), bahan pewarna dan bahan pemanis bahan bangunan dan sanitasi ; Lubrikan, pembersih Sanitizer, pelapis cat

Keunggulan produk makanan organik antara lain adalah sebagai berikut:

* Bebas residu bahan kimia (pestisida, pupuk, hormon, pakan aditif)
* Aman bagi kesehatan
* Relatif tahan lama, basi dan busuk
* Rasanya lebih enak (manis, renyah)
* Warna fisiknya lebih alami
* Harga relatif lebih baik/mahal

sumber: http://www.jakarta.go.id/distan/BERITA/Pangan%20organik.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: